Selamat Datang di Website Sistem Informasi Desa Hibrida Jaya Kecamatan Teluk Belengkong Kabupaten Indragiri Hilir | Kantor Desa Hibrida Jaya membuka pelayanan publik pada hari Senin - Jumat pukul 08.00 - 15:00 WIB -- Info Terkini... Turnamen Volley Ball Pada 15 Maret 2020 -- selengkapnya...

Artikel

Presiden Jokowi Ungkap 433 Desa Belum Teraliri Listrik

04 April 2020 21:07:52  Nur Hidayat  104 Kali Dibaca  KBR (Warita Desa)

 

[KBR|Warita Desa] Jakarta | Presiden Joko Widodo meminta jajarannya segera mendata secara rinci seluruh desa yang belum teraliri listrik. Jokowi menyebutkan, sedikitnya ada 433 desa yang belum teraliri listrik dan tersebar di empat provinsi.

Walaupun jumlah tersebut terbilang kecil bila dibandingkan dengan jumlah keseluruhan desa di Indonesia yang mencapai 75 ribu, namun presiden meminta jajarannya untuk segera menyelesaikan ketimpangan aliran listrik tersebut.

“(Ada) 433 desa yang belum berlistrik ini tersebar di empat provinsi. Di Papua 325 desa, Papua Barat 102 desa, NTT 5 desa dan provinsi Maluku 1 desa. Karena itu saya ingin menekankan beberapa hal yang pertama, untuk 433 desa yang belum berlistrik saya minta diidentifikasi secara jelas,” ujar Jokowi melalui video conference pada Jumat (03/04/2020).

Jokowi meminta agar pendataan dilakukan dengan memperhatikan topografi dari lokasi wilayah desa-desa tersebut. Dengan begitu metode dan mekanisme pemberian listrik dapat disesuaikan dengan keadaan desa tersebut.

“Desa mana yang jarak rumah antar penduduk berjauhan dan berdekatan, sehingga kita dapat menentukan strategi pendekatan teknologi yang tepat. Apakah dengan ekstensi jaringan listrik ataukah, dengan pembangunan mini grid seperti micro itu, PLTD ataupun distribusi tabung listrik yang dilengkapi dengan stasiun pengisian,” ujar Jokowi.

Selain itu, Jokowi meminta jajarannya segera mempersiapkan kebijakan atau regulasi anggaran dan investasi untuk menunjang program desa berlistrik. Dan juga peningkatan manfaat listrik bagi akses masyarakat kecil, sehingga bisa membantu produktifitas mereka.

“Saya minta program desa berlistrik ini betul-betul memberikan nilai tambah bagi peningkatan produktivitas ekonomi di desa. Sehingga program berlistrik perlu ada sambungannya dengan program pemanfaatan listrik secara efisien dan produktif. Terutama dalam pengembangan industri rumah tangga, industri rumahan dan dengan adanya listrik kita harapkan anak-anak bisa belajar pada malam hari dengan penerangan lampu yang cukup sehingga kualitas pendidikan kita juga semakin meningkat,” ujar Jokowi.

Oleh : Dwi Reinjani
Editor: Fadli Gaper

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image [ Ganti gambar ]
  Isikan kode di gambar
 


Waktu

Wilayah Desa

Aparatur Desa

Back Next

Sinergi Program

e-bertanjak e-planning cloud
SIPKD Inhilkab Hosting Kominfo
E-Pad E Planing SIPD
Mengonlinekan OpenSID / OpenDK KBR Opendesa
Opensid

Agenda

Statistik Penduduk

Komentar Terbaru

Info Media Sosial

Lokasi Kantor Desa


Kantor Desa
Alamat : Jln. Utama Desa No. 01
Desa : Hibrida Jaya
Kecamatan : Teluk Belengkong
Kabupaten : Indragiri Hilir
Kodepos : 29255
Telepon : 082283153068
Email : hibridajaya220@gmail.com

Statistik Pengunjung

  • Hari ini:342
    Kemarin:361
    Total Pengunjung:54.634
    Sistem Operasi:Unknown Platform
    IP Address:3.233.242.204
    Browser:Tidak ditemukan

Arsip Artikel

TV Streaming

Musik